Harga Kawasaki Ninja ZX10R - sejatinya merupakan penerus dari motor super sport kawasaki ZX-9R. Motor ni bisa di sebut-sebut sebagai salah satu motor supersport terbaik milik kawasaki dari klan ninja. Mengapa tidak? selain tampilannya yg ala motor balap, si ninja ni jg memiliki beragam fitur dan teknologi canggih saat ini. Menariknya lagi, super sport ni sering di ikutkan dlm ajang balap dunia, World Superbike. Bahkan hebatnya lagi, ZX10R ni pernah menyabet sebuah penghargaan sebagai Best Superbike pd tahun 2004 dan 2005 oleh sebuah majalah ternama ( Cycle World Magazine ) dan dari ajang International Bike Competition.
Jadi tak mengherankan memang, jika si ninja ni di daulat sebagai salah satu motor ninja yg paling terkenal dan populer di dunia saat ini. Sejak diluncurkan pd tahun 2004 hingga sekarang, ZX10R ni telah mengalami berbagai perubahan dan perkembangan. Tapi model paling terbaru saat ni ialah keluaran tahun 2015. Lantas bagaimana fitur utama dari model paling anyar kawasaki ZX10R ini?.
Melihat tampilannya, superbike ni masih menggunakan konsep yg kental ala motor balap ( racy ) dgn konsep body yg menggunakan full fairing, headlamp dgn windshield dan jg bagian belakang model meruncing. Menariknya, tail lamp yg digunakan di belakang telah menggunakan jenis LED dgn 9 bola lampu sehingga pencahayaan di sektor belakang lebih maksimal.
Motor ni di bangun dgn rangka model jenis delta box berbahan alumunium alloy yg disusun dgn 7 sambungan. Alumunium alloy di pilih karena bahan tersebut tak hanya kokoh dan kuat, tapi jg ringan sehingga bobot motor bisa lebih di efisienkan dan kontrol / pengendalian motorpun menjadi lebih mudahbahkan saat menikung. Menariknya, bahan tersebut pun ternyata tak hanya di gunakan pd bagian rangka tapi jg pd bagian lain seperti pd Velg ( Cast Alumunium Wheel ) dan jg pd Swing Arm .
Tidak hanya konstruksi body nya saja yg kokoh, tapi tingkat ergonomi dari si ZX10R ni jg terbilang nyaman. Motor ni hanya memiliki tinggi jok 813 mm saja sehingga bisa dgn mudah untk di naiki. Lalu desain dari tangki motornya yg sanggup menampung 17 liter bahan bakar, di buat dgn sudut yg pas sehingga kaki dan tangan pengendara bisa menempel ke body motor dgn baik saat berkendara. Selain itu jok motor jg dibuat tak terlalu keras sehingga pengendara bisa nyaman selama berkendara dgn superbike ini.
Suspensi yg di gunakan ZX10R pun jg ikut andil besar dlm memberikan kenyamanan saat berkendara. Suspensi bagian depan motor menggunakan jenis suspensi garpu terbalik ( inverted fork ) berdiameter 43 mm dari showa ( BPF / Big Piston Front Fork ) dan bagian belakang menggunakan jenis horisontal back-link dgn gas -charged shock. Hebatnya, kedua suspensi tersebut bisa diatur kenyamanannya sesuai dgn kebutuhan si pengendara. Untuk suspensi depan bisa diatur 3 setelan, sedangkan untk belakang bisa diatur tingkat kenyamanannya hingga 4 setelan.
Tidak sampai disitu saja, kawasaki jg memberikan superbike nya ni dgn teknologi Electronic Steering Damper hasil kerjasamanya dgn perusahaan spart asal amerika " Ohlins ". Teknologi tersebut memiliki fungsi utama yakni untk mengatur peredaman sehingga meningkatkan stabilitas motor. Saat motor dlm kecepatan rendah, teknologi ni akan membuat peredaman tak terlalu tinggi sehingga pengendalian lebih nyaman. Sebaliknya, jika dlm kecepatan tinggi , maka tingkat peredaman akan tinggi pula sehingga motor bisa tetap stabil dan pengendara pun bisa dgn mudah mengendalikan motor.
Warna pilihan untk Kawasaki Ninja ZX10R model 2015 versi standart ada 2 yakni Lime Green dan Metallic Carbon Gray / Flat Ebony. Sedangkan untk edisi spesial terdapat 1 warna saja yakni Lime Green / Pearl Stardust White yg dibuat untk memperingati hari jadi ke 30 tahun kawasaki ninja ( 30th Anniversary Edition ).
Sumber Gambar : http://kawasaki.co.uk/
Kawasaki Ninja ZX10R 2015 ni mengusung mesin yg berkapasitas 988 cc, 4 Tak, 16 Katup, 6 kecepatan, DOHC ( Double Overhead Camshaft ) dgn sistem pendinginan berupa cairan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 147,1 kW ( 200PS ) / 13000 rpm ( Dengan RAM Air mencapai 154,4 kW ( 209,9 PS ) / 13000 rpm ) dan torsi maksimumnya hingga 112 Nm ( 11.4 kgf.m ) / 11500 rpm. Mesin tersebut memakai sistem pengapian jenis digital TCBI dan jg Sport-Kawasaki Traction Control ( S-KTRC ). Selain itu, mesin tersebut jg telah memakai sistem ECU ( Electronic Control Unit ) sehingga performa yg di hasilkan bisa menjadi lebih optimal.
Dengan berbagai teknologi yg ada pd mesinnya, ninja zx10r ni memiliki tingkat akselerasi yg tinggi. Untuk akselerasi dari 0 - 97 km/jam, superbike ni hanya membutuhkan waktu 2,9 detik saja. Sedangkan untk top speed / kecepatan maksimalnya motor ninja ni mampu melaju hingga kecepatan sekitar 300 km/jam.
Mesin yg digunakan, jg telah mengusung teknologi bahan bakar canggih Fuel Injection. Alhasil menjadikan konsumsi bahan bakar ZX10R ni tak terlalu boros yakni sekitar 6,4 liter/100 km. Selain itu berkat teknologi injeksi ni gas buang / emisi yg dikeluarkan bersih dan ramah lingkungan serta telah lulus uji emisi EURO3.
Untuk menghentikan laju motor, ninja ni di bekali dgn rem cakram ganda 4 kaliber piston berukuran 310 mm di bagian depan dan rem cakram tunggal 1 kaliber piston yg berukuran 220 mm di bagian belakang dari Tokico. Rem tersebut jg telah memakai teknologi pengereman ABS yakni KIBS ( Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System ) yg dikembangkan oleh pihak kawasaki sendiri sehingga pengereman menjadi lebih optimal. Kekuatan KIBS tersebut pun bisa di lihat dari daya pengereman ZX10R dari kecepatan 97 km - 0 km cuma membutuhkan jarak 37 meter.
Fitur lain yg ada pd kawasaki ninja zx10r diantaranya adalah Power Mode. Fitur ni sebenarnya berguna untk menyesuaikan tenaga yg dikeluarkan sesuai dgn situasi dan kondisi yg terjadi di jalanan. Fitur power modes ni memiliki 3 pilihan yakni Full, Middle dan Low. Full memungkinkan tenaga mesin dikeluarkan semaksimal mungkin dan ni cocok untk balapan. Middle memungkinkan tenaga mesin tak terlalu tinggi, ni cocok untk berkendara di jalan raya. Lalu Low memungkinkan tenaga mesin dibatasi sekitar 60 % dan cocok saat menghadapi jalan yg licin.
Kemudian ninja zx10r ni jg di bekali dgn tampilan instrumen spedometer yg canggih dan lengkap. Instrument tersebut menampilkan informasi seperti tachometer, odometer, indikator gigi, trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, S-KTRC, power mode, indikator bahan bakar, indikator kecepatan, indikator lampu, indikator suhu.
Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX10R :
Jadi tak mengherankan memang, jika si ninja ni di daulat sebagai salah satu motor ninja yg paling terkenal dan populer di dunia saat ini. Sejak diluncurkan pd tahun 2004 hingga sekarang, ZX10R ni telah mengalami berbagai perubahan dan perkembangan. Tapi model paling terbaru saat ni ialah keluaran tahun 2015. Lantas bagaimana fitur utama dari model paling anyar kawasaki ZX10R ini?.
Melihat tampilannya, superbike ni masih menggunakan konsep yg kental ala motor balap ( racy ) dgn konsep body yg menggunakan full fairing, headlamp dgn windshield dan jg bagian belakang model meruncing. Menariknya, tail lamp yg digunakan di belakang telah menggunakan jenis LED dgn 9 bola lampu sehingga pencahayaan di sektor belakang lebih maksimal.
Motor ni di bangun dgn rangka model jenis delta box berbahan alumunium alloy yg disusun dgn 7 sambungan. Alumunium alloy di pilih karena bahan tersebut tak hanya kokoh dan kuat, tapi jg ringan sehingga bobot motor bisa lebih di efisienkan dan kontrol / pengendalian motorpun menjadi lebih mudahbahkan saat menikung. Menariknya, bahan tersebut pun ternyata tak hanya di gunakan pd bagian rangka tapi jg pd bagian lain seperti pd Velg ( Cast Alumunium Wheel ) dan jg pd Swing Arm .
Tidak hanya konstruksi body nya saja yg kokoh, tapi tingkat ergonomi dari si ZX10R ni jg terbilang nyaman. Motor ni hanya memiliki tinggi jok 813 mm saja sehingga bisa dgn mudah untk di naiki. Lalu desain dari tangki motornya yg sanggup menampung 17 liter bahan bakar, di buat dgn sudut yg pas sehingga kaki dan tangan pengendara bisa menempel ke body motor dgn baik saat berkendara. Selain itu jok motor jg dibuat tak terlalu keras sehingga pengendara bisa nyaman selama berkendara dgn superbike ini.
Suspensi yg di gunakan ZX10R pun jg ikut andil besar dlm memberikan kenyamanan saat berkendara. Suspensi bagian depan motor menggunakan jenis suspensi garpu terbalik ( inverted fork ) berdiameter 43 mm dari showa ( BPF / Big Piston Front Fork ) dan bagian belakang menggunakan jenis horisontal back-link dgn gas -charged shock. Hebatnya, kedua suspensi tersebut bisa diatur kenyamanannya sesuai dgn kebutuhan si pengendara. Untuk suspensi depan bisa diatur 3 setelan, sedangkan untk belakang bisa diatur tingkat kenyamanannya hingga 4 setelan.
Tidak sampai disitu saja, kawasaki jg memberikan superbike nya ni dgn teknologi Electronic Steering Damper hasil kerjasamanya dgn perusahaan spart asal amerika " Ohlins ". Teknologi tersebut memiliki fungsi utama yakni untk mengatur peredaman sehingga meningkatkan stabilitas motor. Saat motor dlm kecepatan rendah, teknologi ni akan membuat peredaman tak terlalu tinggi sehingga pengendalian lebih nyaman. Sebaliknya, jika dlm kecepatan tinggi , maka tingkat peredaman akan tinggi pula sehingga motor bisa tetap stabil dan pengendara pun bisa dgn mudah mengendalikan motor.
Warna pilihan untk Kawasaki Ninja ZX10R model 2015 versi standart ada 2 yakni Lime Green dan Metallic Carbon Gray / Flat Ebony. Sedangkan untk edisi spesial terdapat 1 warna saja yakni Lime Green / Pearl Stardust White yg dibuat untk memperingati hari jadi ke 30 tahun kawasaki ninja ( 30th Anniversary Edition ).
Kawasaki Ninja ZX10R Lime Green |
Kawasaki Ninja ZX10R Metallic carbon Gray / Flat Ebony |
Kawasaki Ninja ZX10R |
Kawasaki Ninja ZX10R 2015 ni mengusung mesin yg berkapasitas 988 cc, 4 Tak, 16 Katup, 6 kecepatan, DOHC ( Double Overhead Camshaft ) dgn sistem pendinginan berupa cairan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 147,1 kW ( 200PS ) / 13000 rpm ( Dengan RAM Air mencapai 154,4 kW ( 209,9 PS ) / 13000 rpm ) dan torsi maksimumnya hingga 112 Nm ( 11.4 kgf.m ) / 11500 rpm. Mesin tersebut memakai sistem pengapian jenis digital TCBI dan jg Sport-Kawasaki Traction Control ( S-KTRC ). Selain itu, mesin tersebut jg telah memakai sistem ECU ( Electronic Control Unit ) sehingga performa yg di hasilkan bisa menjadi lebih optimal.
Dengan berbagai teknologi yg ada pd mesinnya, ninja zx10r ni memiliki tingkat akselerasi yg tinggi. Untuk akselerasi dari 0 - 97 km/jam, superbike ni hanya membutuhkan waktu 2,9 detik saja. Sedangkan untk top speed / kecepatan maksimalnya motor ninja ni mampu melaju hingga kecepatan sekitar 300 km/jam.
Mesin yg digunakan, jg telah mengusung teknologi bahan bakar canggih Fuel Injection. Alhasil menjadikan konsumsi bahan bakar ZX10R ni tak terlalu boros yakni sekitar 6,4 liter/100 km. Selain itu berkat teknologi injeksi ni gas buang / emisi yg dikeluarkan bersih dan ramah lingkungan serta telah lulus uji emisi EURO3.
Untuk menghentikan laju motor, ninja ni di bekali dgn rem cakram ganda 4 kaliber piston berukuran 310 mm di bagian depan dan rem cakram tunggal 1 kaliber piston yg berukuran 220 mm di bagian belakang dari Tokico. Rem tersebut jg telah memakai teknologi pengereman ABS yakni KIBS ( Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System ) yg dikembangkan oleh pihak kawasaki sendiri sehingga pengereman menjadi lebih optimal. Kekuatan KIBS tersebut pun bisa di lihat dari daya pengereman ZX10R dari kecepatan 97 km - 0 km cuma membutuhkan jarak 37 meter.
Fitur lain yg ada pd kawasaki ninja zx10r diantaranya adalah Power Mode. Fitur ni sebenarnya berguna untk menyesuaikan tenaga yg dikeluarkan sesuai dgn situasi dan kondisi yg terjadi di jalanan. Fitur power modes ni memiliki 3 pilihan yakni Full, Middle dan Low. Full memungkinkan tenaga mesin dikeluarkan semaksimal mungkin dan ni cocok untk balapan. Middle memungkinkan tenaga mesin tak terlalu tinggi, ni cocok untk berkendara di jalan raya. Lalu Low memungkinkan tenaga mesin dibatasi sekitar 60 % dan cocok saat menghadapi jalan yg licin.
Kemudian ninja zx10r ni jg di bekali dgn tampilan instrumen spedometer yg canggih dan lengkap. Instrument tersebut menampilkan informasi seperti tachometer, odometer, indikator gigi, trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, S-KTRC, power mode, indikator bahan bakar, indikator kecepatan, indikator lampu, indikator suhu.
Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX10R :
- DIMENSI
- Panjang body adalah 2075 mm.
- Lebarnya mencapai 715 mm.
- Tinggi hingga 1115 mm.
- Jarak sumbu antar kedua roda adalah 1425 mm.
- Jarak terendah ke permukaan tanah yakni 135 mm.
- Tinggi dari tempat duduknya adalah 813 mm.
- Berat kosong motor adalah 198 kg untk varian standar & 201 kg untk versi ABS.
- Kapasitas bahan bakarnya hingga sekitar 17 liter.
- Rangka motor ni jenis deltabox yg dibuat dgn bahan alumunium yg kuat dan ringan ( Twin Spar - Cast Alumunium ).
- Sudut kemudi kiri & kanan adalah 27 derajat.
- Suspensi bagian depan menggunakan jenis garpu terbalik ( inverted fork ) berdiameter 43 mm yg bisa diatur kenyamanannya hingga 3 setelan, sedangkan untk bagian belakang menggunakan jenis horisontal back-link dgn gas -charged shock yg bisa diatur tingkat kenyamanannya hingga 4 setelan.
- Ban depan yg dimiliki berukuran 120/70ZR17M/C ( 58W ) sedangkan untk ban belakang berukuran 190/55ZR17M/C ( 75W ).
- Rem depan menggunakan cakram ganda 4 kaliber piiston berukuran 310 mm , sedangkan rem belakang menggunakan cakram tunggal 1 kaliber piston yg berukuran 220 mm.
- Menggunakan mesin berkapasitas 988 cc, 4 Tak, 16 Katup, 6 kecepatan, DOHC ( Double Overhead Camshaft ) dgn sistem pendinginan berupa cairan.
- Diameter x Langkahnya yaitu 76 mm x 55 mm.
- Rasio komprehensi mesinnya yakni 13 : 1.
- Pengapiannya jenis digital dgn sistem bahan bakar Fuel Injection ( Ï47 mm x 4 ( Keihin ) ).
- Menyalakan mesin hanya dgn menggunakan satu cara yakni Electric.
- Daya maksimum yg sanggup dihasilkan yakni mencapai 147,1 kW ( 200PS ) / 13000 rpm ( Dengan RAM Air mencapai 154,4 kW ( 209,9 PS ) / 13000 rpm ). Sedangkan untk torsi maksimumnya mencapai hingga 112 Nm ( 11.4 kgf.m ) / 11500 rpm.
- Harga Kawasaki Ninja ZX-10R Baru Rp 348.000.000
source : http://log.viva.co.id, http://okezone.com, http://motorcomcom.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar