Selasa, 17 Februari 2015

Lebih Baik Toilet Jongkok atau Toilet Duduk ?

Lebih Baik Toilet Jongkok atau Toilet Duduk ? Perang antara toilet duduk dan jongkok tak terasa terus terjadi. Banyak artikel belakangan mengklaim toilet duduk lebih baik. Secara tampilan dan kebersihan toilet Bentuk toilet jongkok juga sebenarnya lebih sehat. Penulis Ayu Utami pernah mengangkat hal ini di sebuah media beberapa bulan lalu. Toilet jongkok mempunyai leher Lebih Baik Toilet Jongkok atau Toilet Duduk , Seo4rt, Lebih Baik Toilet Jongkok atau Toilet Duduk
Lebih Baik Toilet Jongkok atau Toilet Duduk ?

Seo4rt - Menurut saya toilet maupun jamban merupakan salah satu tempat yg sakral dan sudah pasti keberadaanya sangat penting, tak bisa dibayangkan jika rumah tak memiliki sebuah jamban / toilet. Seiring perkembangan jaman toilet tentunya jg mengalami banyak perubahan mengikuti perkembangan jaman. Toilet yg dulunya memilki model jongkok kini berubah menjadi model duduk. Banyak yg mengatakan bahwa toilet dgn model duduk lebih baik, mungkin secara tampilan dan kebersihan sepertinya memang ia akan tetapi apakah secara kesehatan toilet duduk memang lebih baik dibandingkan toilet jongkok? Nah pd artikel kali ni kita akan sedikit membahas mengenai toilet jongkok dan toilet duduk ini.
Lebih Baik Toilet Jongkok atau Toilet Duduk ?
Sebenarnya pemilihan antara toilet duduk maupun toilet jongkok tergantung selera dan kebiasaan kita. Penggunaan toilet jongkok di Indonesia sendiri merupakan sebuah kebiasaan dimana orang sudah terbiasa untuk membuang hajat dgn cara jongkok. Akan tetapi seiring perkembangan jaman yg saya katakan tadi memicu adanya pergesaran, dimana toilet duduk mulai diperkenalkan pd masyarakat Indonesia sebagai sebuah peradaban yg lebih modern. Sehinga tak heran jika sekarang mulai banyak masyarakat khususnya kaum urban yg mulai merubah kebiasaan mereka yg dulunya menggunakan toilet jongkok menjadi toilet duduk. Mulai dari rumah tinggal, perkantoran dan toilet umum sudah banyak yg menggunakan toilet duduk.
Menurut sebuah penelitian yg diterbitkan dlm journal Digestive Diseases and Sciences yg ditulis oleh Dr. Dov Sikirov memaparkan bahwa posisi duduk / jongkok sangat berpengaruh benya pd kenyamanan di dlm kamar mandi. Menurut Dr. Dov Sikirov sejumlah responden yg mencoba buang air besar dgn tiga posisi berbeda, ada yg buar besar di toilet duduk setinggi 16 inci, duduk di toilet setingi 12 inci, dan jongkok di atas wadah plastik. Setiap responden jg di minta untuk mencatat waktu mereka buang air besar dan diukur apa kesulitanya.
Hasil studi menunjukkan bahwa saat posisi seseotang jongkok, ia hanya membutuhkan waktu 51 detik, sedangkan saat posisi duduk di toilet lebih tinggi orang membutuhkan 130 detik dan selain itu orang yg buang air besar dgn posisi jongkok merasa lebih nyaman dan lebih mudah. Saat buang air besar orang akan mengeden. Ngeden saat buang air besar erat kaitanya dgn terjadinya wasir. Wasir terjadi ketika pembuluh darah bagian depan dubur bengkak, sementara tekanan saat mengeden akan menyebabkan pembuluh darah semakin membesar.
Wasir bisa disebabkan mengeden saat buang air besar, sembelit dan duduk dlm waktu yg lama dan jg infeksi dubur / penyakit seperti sirosis hati. Penyakit ni bis terjadi secara internal maupun eksternal. Gejala dari wasir ni seperti gatal-gatal pd dubur, rasa sakit dan jg nyeri disekitar dubur, terdapat darah merah pd tinja, nyeri saat buang air besar serta muncuk benjolan keras di sekitar dubur. Nah maka itu dgn buang air besar dgn cara jongkok membuat kita menjadi lebih mudah dan tak perlu ngeden dibandingkan jika kita menggunakan toilet duduk yg akan membuat kita lebih lama dan susah sehingga membutuhkan kita untuk ngeden yg mana bisa mengakibatkan wasir
Nah dari penelitian Dr. Dov Sikirov menunjukan bahwa toilet duduk memang membuat orang lebih mudah dan nyaman saat buang air besar dan jg dari segi kesehatan lebih baik karena dpt lebih mempermudah proses pembuangan. Jadi manakan yg menurut anda lebih baik digunakan untuk rumah kita? jadi Lebih Baik Toilet Jongkok / Toilet Duduk? menurut anda?

Lebih Baik Toilet Jongkok atau Toilet Duduk ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

D.M.C.A Disclaimer of Lukas Blog - All contents published under GNU General Public License.
All images/photos/videos found in this site reserved by its respective owners. We does not upload or host any files.