Senin, 25 Mei 2015

MATERI TENTANG MICROSOFT EXEL 77623

Materi Microsoft Excel

MATERI TENTANG MICROSOFT EXEL
Excel dpt mengerjakan lembar kerja elektronik yg sangat besar yg disebut spreadsheed. Bentuk tepat kerja Excel berupa buku kerja ( Workbook) yg dpt berisi beberapa lembar (sheet). Lembar kerja / sheet ni berupa lembar kerja elektronik yg disebut Worksheet.
Area kerja Excel
Area kerja dlm excel berbentuk buku kerja / workbook yg berisi beberapa lembar keja. Beberapa worksheet ditumpuk, sehingga hanya satu worksheet yg kelihatan, yg disebut worksheet yg terletak disebelah kiri bawah tiap wooksheet.
Worksheet / lembar kerja dibagi dlm kolom dan baris ( row). Jumlah kolom dlm lembar kerja adlh 256 kolom, nama kolom menggunakan huruf alphabet. Dimulai dari A,B…..,Z AA,AB,….AZ dan seterusnya sampai IV. Nama baris menggunakan angka, mulai baris 1,2…. Sampai 65536.
Perpotongan satu kolom dgn baris disebut : sel (Cell). Jadi, perpotongan antara B dgn beris 5 disebut sel B5, kumpulan beberapa sell yg bersebelahan disebut range. Range selalu berbentuk segi empat, Anggota range dimulia dari sell paling kiri atas sampai sel paling kanan bawah dlm bentuk segi empat,jadi jika disebut range B2:D3, maka anggotanya adlh sel B2,C2,B3,C3dan D3.
A. ELEMEN-ELEMEN DASAR JENDELA KERJA MICROSOFT EXCEL
  1. Baris Judul (Tittle Bar), bagian ni berisi nama file dan nama program aplikasi yg sedang kita aktifkan.
  2. Baris Menu (Menu Bar), bagian ni berisi barisan perintah berupa menu, seperti menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window dan Help.
  3. Baris Toolbars (Toolbars), bagian ni berisi tombol-tombol yg digunakan untk menjalankan suatu perintah dgn cepat dan mudah, khususnya perintah-perintah yg sering digunakan.
  4. Tombol Ukuran (Sizing Button), bagian ni berisi tombol-tombol untk mengatur ukuran jendela kerja Microsoft Excel.
  5. Task Pane, bagian ni merupakan bagian yg akan membantu kita pd saat mwnyunting (mengedit) lembar kerja. Jendela task Pane ni akakn ditampilkan secara otomatis dan isinya menyesuaikan dgn pekerjaan yg sedang kita lakukan.
  6. Baris Penggulung Tegak (Vertical Scroll Bar), bagian ni ditujukan untk menggeser layar ke atas / ke bawah.
  7. Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scroll Bar), bagian ni ditujukan untk menggeser layar ke kanan / ke kiri.
  8. Baris Rumus (Formula Bar), bagian ni akan menampilkan informasi mengenai isi sel yg sedang aktif di lembar kerja.
B. Kegunaan Microsoft Excel
• Membuat tabel
• Membuat grafik
• Penghitungan rumus
• Membuat daftar gaji
• Laporan keuangan
• Dan lain-lain.
C. Langkah-langkah Menggunakan Microsoft Excel
• Buka Ms.Excel
start → All programs → Microsoft Excel
• Tentukan Page Setup
Jika di cetak sesuai dgn kertas yg kita inginkan
• Tentukan Jenis dan ukuran Huruf
yg akan digunakan
D. WORKSHEET (Lembar Kerja) Microsoft Excel
  1. Workbook
terdiri dari 1 - 255 SHEET
  1. Sheet/ Worksheet
terdiri dari:
256 KOLOM diwakili oleh huruf (A, B, C,…, AA,…,IV)
65536 BARIS diwakili oleh angka (1, 2, 3, …, 65536)
  1. Column/ Judul Kolom
Kolom terdiri dari A - IV ,
lebar kolom maksimal 255.
  1. Row/ Judul Baris
Baris terdiri dari 1 - 65536,
lebar baris maksimal 409.
  1. Cell/ Sel
Pertemuan antar kolom
dgn baris.
Misal : B1 berarti kolom B dan baris ke-1
  1. Range/ sekumpulan sel/ cell group
Misal: D2:D8, F2:G4, dan sebagainya.
  1. Sel Aktif
Sel yg ditunjuk oleh pointer
  1. Alamat Sel, ada 3 macam:
Relative/ Sel Bebas
Contoh: A1, A1:B5
Semi Absolut
Contoh: $A1, A$1
Absolut
Contoh: $A$1, $A$1:$B$5

download disini aplikasi microsof exel 2013
Mengenal fungsi-fungsi dlm microsoft excelA. SUM
SUM adlh fungsi untk mencari jumlah isi data pd range tertentu
=SUM(0.7*E2;0.3*F2)
Dimana kolom nilai UTS (E3) dikali 0,7 dan kolom nilai UAS (F3) dikali 0,3 dan jika sudah dikali ,Hasil nilai E3 dan F3 ditambah dan akan tercetak pd G3
B. MAX
MAX adlh fungsi untk mencari nilai tertinggi dari suatu range
=MAX(E2:E6)
Pertama klik kolom E7 , dan tuliskan =MAX( data pertama yaitu E2 dan drag hingga E6) maka akan tercetak nilai tertinggi pd kolom E7
C. MIN
MIN adlh Fungsi untk mencari nilai terendah dari suatu range
=MIN(E2:E6)
Untuk mencari nilai terendah pd table nilai UTS pertama-tama klik kolom E8 dan klik data pertama yaitu E2 dan drag hingga E6 dan nilai terendah akan tercetak di kolom E8
D. AVERAGE
Untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range dpt menggunakan fungsi AVERAGE
=AVERAGE(E2:E6)
Pertama klik kolom E9 , dan tuliskan =AVERAGE ( data pertama yaitu E2 dan drag hingga E6) maka akan tercetak nilai Rata Rata pd kolom E9
E. IF
IF adlh Formula logika untk menghitung / menentukan nilai sebuah pernyataan dimana fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika benar / salah
=IF(G2>=90;”A”;IF(G2>=80;”B”;IF(G2>=70;”C”;”D”)))
Jika nilai pd kolom G2 lebih besar dari pd 90 maka akan tercetak A ; dan jika nilai pd kolom G2 lebih besar dari pd 80 maka tercetak B ; dan jika nilai pd kolom G2 lebih dari pd 70 maka tercetak C selain itu D dan semua keterangan nilai itu tercetak pd kolom H3
VLOOKUP DAN HLOOKUP
VLOOKUP : mencari nilai, dimana tabel ketentuannya beberbentuk vertical (datanya tersusun kebawah)
HLOOKUP : mencari nilai, dimana tabel ketentuannya beberbentuk horizontal (datanya tersusun mendatar).

Rumus Vlookup
= VLOOKUP(sel yg diuji, tabel ketentuan, nomor index kolom)
Contoh Soal 1
Langkah pengisian Nama Barang
1. Tempatkan penunjuk sel pd sel C6
2. Ketikkan rumusnya :
=VLOOKUP(B6,$B$16:$C$18,2)
3. Copy hasil tersebut sampai data terakhir
Contoh Soal 2
Langkah pengisian Harga Satuan
1. Tempatkan penunjuk sel pd sel D6
2. Ketikkan rumusnya :
=VLOOKUP(B6,$B$16:$D$18,3)
3. Copy hasil tersebut sampai data terakhir

Rumus Hlookup
= HLOOKUP(sel yg diuji, tabel ketentuan, nomor index baris)
Contoh Soal 1
Langkah pengisian Nama Barang
1. Tempatkan penunjuk sel pd sel C6
2. Ketikkan rumusnya :
=HLOOKUP(B6,$B$15:$E$16,2)
3. Copy hasil tersebut sampai data terakhir
Contoh Soal 2
Langkah pengisian Harga Satuan
1. Tempatkan penunjuk sel pd sel D6
2. Ketikkan rumusnya :
=HLOOKUP(B6,$B$15:$E$17,3)
3. Copy hasil tersebut sampai data terakhir

Demikianlah materi tentang microsoft exel yg saya bagikan, Semoga bermanfaat....



Tutorial tentang microsoft exel lainya :
1. cara menghitung gaji otomatis di microsof exel
2. cara membuat tabel gaji karyawan ms.exel
3. Menghitung gaji karyawan dgn ms.exel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

D.M.C.A Disclaimer of Lukas Blog - All contents published under GNU General Public License.
All images/photos/videos found in this site reserved by its respective owners. We does not upload or host any files.