Sabtu, 21 Februari 2015

Cara Modifikasi Honda Bebek #65734

Cara Modifikasi Honda BebekDitulis Oleh : Maman Soleman
inShareCara Modifikasi Honda Bebek

Yang punya Honda bebek lama, tipe Astrea, / Supra, tak perlu merengek sama orangtua agar motornya ditukar dgn Honda Revo / Blade. Terlalu banyak biaya menomboknya. Dengan sedikit modifikasi, kelebihan yg dimiliki Honda Revo bisa jg diterapkan pd motor lama. Caranya nggak sulit dan yg penting biayanya cukup murah.

Langkah pertama tentu saja beli poros katup (camsaft). Kemudian kepala silinder dibawa ke tukang bubut (bengkel) untuk memperbesar lubang, disesuaikan dgn besarnya bantalan beroda milik Revo tadi.
Kalau bisa lubang tempat bantalan yg baru dipasang jg pelindung dari metal tembaga. Ini kalau ada. Jika tidak, bisa dibantu dgn penambahan oil treatment sebagai pelindung keausan. Bisa dibeli di toko onderdil / penjual oli.

Dengan kontruksi baru ini, motor Honda tipe lama milik Anda sudah sama dgn Revo. Akselerasi yg dihasilkan pun jadi cepat. Begitu jg kecepatan maksimalnya. Apalagi kalau setting (penyetelan) pengapian dan bahan bakar sempurna.

Kurangi lagi beban mesin supaya rpm bisa meningkat. Caranya, crankshaft (poros engkol), komponen penggerak paling berat di mesin ni dibor bagian lingkar penyeimbangan. Tiga lubang tiap lingkaran, jadi ada enam. Tetapi jangan lupa menyeimbangkan kembali di tukang bengkel supaya seimbang dan tak menimbulkan getaran mesin yg mengganggu.

Putaran mesin yg semakin ringan ni disesuaikan dgn suplai bahan bakar supaya nggak tekor pd putaran tinggi. Alternatif pilihan ada dua, dgn penggantian karburator. Bisa dipakai punya Honda 90Z / Honda bebek 90 cc. Sama saja. Tambahkan lagi dgn perangkat boost bottle antara intake manifold dan karburator. Komponen berupa tabung alumunium ni bisa dibeli di toko, yg buatan lokal jg boleh. Fungsinya mempercepat akselerasi, meniru sistem YEIS yg dibanggakan Yamaha. Bahkan semua motocross sudah pakai seperti ini.

Modifikasi yg ideal, tentu saja harus disesuaikan dgn medan. Terutama pemakaian gear yg mereduksi tenaga mesin supaya efektif. Karena jika salah perhitungan akan berakibat sebaliknya. Motor malah jadi nggak bisa lari.

Untuk medan keras di balap motocross, bisa dipilih paduan gear depan berukuran 13 dgn 45 di bagian belakang. Kombinasi ni menghasilkan akselerasi cepat dgn sedikit mengorbankan kecepatan maksimum.
Jalur biasa di jalan raya, dipilih sebaiknya paduan 13 dgn 32 di belakang. Meskipun tarikan agak lamban, tiap gigi percepatan bisa panjang samapi didapat putaran rpm maksimum. Berarti kecepatan maksimalnya tambah tinggi.

Semua modifikasi ni yg meliputi penggantian poros katup, pengurangan bobot crankshaft, suplai bahan bakar plus tambahan boost bottle dan reduksi tenaga yg sempurna. Hasilnya Honda bebek tipe lama yg jauh lebih kencang ketimbang aslinya.

source : http://wikipedia.org, http://tipsbarudipercaya.blogspot.com, http://flickr.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

D.M.C.A Disclaimer of Lukas Blog - All contents published under GNU General Public License.
All images/photos/videos found in this site reserved by its respective owners. We does not upload or host any files.