Kamis, 09 April 2015

BPK. AMANDANO 7 TAHUN CUCI DARAH AKIBAT GAGAL GINJAL

Bpk. Amandano 7 Tahun Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal
ohmlukas.blogspot.com - Halo pemirsa dr Oz Indonesia, pd kesempatan kali ni saya akan menceritakan kisah dari Pak Amando yg sudah 7 tahun menderita gagal ginjal dan diharuskan untk rutin cuci darah. Beliau menderita gagal ginjal sejak tahun 2008, dan sekitar 7 tahun lebih dia lalui dgn rutin cuci darah. Pertama beliau mendengar gagal ginjal sempat down, dan dokter menyarankan saya harus selalu rutin cuci darah. Pada update sebelumnya membahas tentang Dr Oz Indonesia Petai Dapat Mendeteksi Fungsi Ginjal

Menyambung Hidup Selama 7 Tahun Dengan Cuci Darah Pada dasarnya haemodialisa / cuci darah itu tak untk menyembuhkan tetapi untk memperbaiki tingkat hidup penderita gagal ginjal. Bapak Amandano ni hebat, sudah 7 tahun cuci darah masih melakukan aktivitas dan bekerja seperti biasa dan hanya membolos waktu cuci darah saja. Cuci darah dilakukan oleh orang-orang yg terkena gagal ginjal dlm stadium akhir. Mau tak mau dlm kondisi gagal ginjal stadium akhir / tahap lima ni hampir dibawah 15% fungsi ginjalnya sudah tak berfungsi lagi. Dalam kasus Bapak Amandano beliau rutin melakukan cuci darah, karena fungsi ginjalnya tinggal 5 %.
Bpk. Amandano 7 Tahun Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal


Harus diingat bahwa orang cuci darah itu memang harus selalu disiplin dan harus dpt menjaga diri sehingga seluruh kegiatan aktivitas kehidupan dpt berjalan seperrti biasanya. Jadi orang dgn cuci darah sebenarnya sudah mendapat terapi pengganti mengganti fungsi ginjal. Walaupun fungsi ginjal ni tak seluruhnya tergantikan dgn cuci darah tetapi sebagian daripada fungsi ginjal sudah dpt diambil alih oleh mesin cuci darah.

Artis terkenal Krisbiantoro jg dikabarkan rajin cuci darah 2 kali seminggu
Bpk. Amandano 7 Tahun Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal

Sekali lagi saya mengingatkan bagaimana proses cuci darah / Hemodialisis itu, bahwa mesin cuci darah ni memang sangat kompleks dan itu dibuat dgn sedemikian rupa sehingga dia dpt menggantikan fungsi penyaringan terhadap cairan. Mesin pencuci darah berfungsi untk menyaring racun dan sisa-sisa metabolisme tubuh yg tak dpt oleh ginjal kita sendiri melalui pembuluh darah yg kita buat diperbesar melalui operasi khusus mengupayakan supaya pembuluh darah diperlebar sehingga darah bisa kita alirkan dari pembuluh lebar ni melalui mesin yg kemudian melalui selang-selang mesin cuci darah kemudian akan diputar melalui mesin dan masuk kedalam bagian alat pengganti ginjal, darah difilter kemudian darah akan kembali lagi kedalam tubuh dan diharapkan akan cukup jumlah darah yg tercuci istilahnya.
Bpk. Amandano 7 Tahun Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal
Ilustrasi proses cuci darah

Tercuci disini dlm artian tertukarnya zat yg kelebihan racun itu akan dibuang melalui filter pd mesin cuci darah, dan akan dibuang melalui saluran khusus pd mesin pencuci darah. Bagaimana darah bisa tersaring pd mesin cuci darah ? Itu karena terjadi pertukaran zat antara cairan darah yg mengandung banyak cairan racun dan kadar elektrolit yg istilahnya kacau dgn zat pencuci yg dialirkan oleh mesin cuci darah dan dgn begitu akan terjadi keseimbangan dan inilah yg terjadi pd proses cara kerja mesin cuci darah itu.

Jadi dgn begitu kalau orang yg belum cuci darah itu biasanya nafasnya saja bau, hal ni dikarenakan racun-racun itu akan berada banyak sekali di paru-paru dan megnuaop bersama pernafasan. Pada orang yg sudah menjalani cuci darah itu sudah tak terjadi lagi nafas yg bau seperti urin tersebut karena racunnya sudah terbuang oleh mesin cuci darah tadi. Untuk pasien lain yg barangkali sedang mengalami cuci darah jg tolong diingat bahwa ada pepatah mengatakan " air dpt membunuhmu", itu berlaku buat orang-orang dgn kondisi gagal ginjal dan harus diwaspadai.
Hal Yang Perlu diperhatikan setelah cuci darah :
  1. Bijaksana dan disiplin dlm menjaga cairan
  2. Harus menjaga berat badan
  3. Jangan sampai sesak nafas

Nah itu tadi sekilas cerita dan informasi mengenai Bpk. Amandano 7 Tahun Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal . Semoga apa yg saya sampakan ni bisa bermanfaat khususnya bagi anda yg sedang mengalami gangguan ginjal dan seddang menjalani terapi cuci darah karena masalah pd ginjalnya. Terimakasih salam sehat Indonesia, sayangi tubuh kita dan jaga pola makan dan gaya hidup kita untk selalu sehat. Baca jg lainnya yaitu
Gejala Penyakit Batu Ginjal, Penyebab dan Metode Penanganan Pengobatan Batu Ginjal

source : http://tribunnews.com, http://drozindonesiatranstv.blogspot.com, http://kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

D.M.C.A Disclaimer of Lukas Blog - All contents published under GNU General Public License.
All images/photos/videos found in this site reserved by its respective owners. We does not upload or host any files.