ohmlukas.blogspot.com - Menghafal?! Ngapain, sih. Pasti suatu saat lupa. Aku gak mau ngapalin lagi pelajaran biologi, bahasanya latin lagi! Mending ke warnet aja.
Kebanyakan para pelajar baik tingkat SMP sampai perguruan tinggi biasanya sering sekali mengeluh ketika dihadapkan beberapa mata pelajaran yg dituntut untk menghafal. Saya sebagai pelajarpun merasa mengeluh dgn kegiatan menghafal yg mau tak mau harus dilakukan. Sebenarnya apa yg membuat para pelajar sangat membenci menghafal? Hal ni disebabkan karena benci dan mereka sebatas menghafal kata demi kata / rumus. Padahal ada beberapa cara mudah dan cepat menghafal bila kita tahu teknik yg benar, bahkan menghafal bisa menjadi hal yg menyenangkan.
Metode menghafal ni tak terlepas dari mengoptimalkan potensi otak yg ada pd diri kita. Pengoptimalan otak sebenarnya hanya cara alamiah kerja otak yg belum diketahui bahkan dilupakan para pelajar dan para pendidik. Misalnya kamu pasti pernah menonton film spongebob / kartun sejenisnyakan? Coba cukup dgn sekali menonton. Kamu akan hafal seluruh alur cerita, contoh lain di pelajaran bahasa jawa, kamu pasti pernah dengar cerita perang mahabarata? Tapi saya yakin kamu masih tak tahu seperti apa plot di dalamnya. Nah, setelah kamu nonton serialnya mahabarata, wussh. Kalau di Ujian sekolah muncul soal mahabarata, wuiih senangnya minta ampun.
Otak kita adlh Software
Aduh, aku semakin gede kok semakin bodoh ya, nilaiku hancur lebur. Sumpah masa semester ni aku harus belajar 16 Pelajaran, masing-masing 3 bab. Waduh, kalau dihitung aku belajar 48 BAB DALAM WAKTU 6 BULAN DONG. Duh terus kalau aku nanti kuliah daftar sbmptn, aku harus belajar...!! Aduh, kayaknya lebih pintar aku pas SD deh!
Tragis memang, siswa Indonesia dituntut untk mengusai beratus-ratus mapel. Dan hampir semuanya sia-sia, kalau diibaratkan misal satu pohon ... kelapa aja,ya. Misal kita menunggu pohon kelapa bukan berbuah kelapa, melainkan mangga, rambutan, durian, dan brokoli. Hal itu tak akan pernah terjadi. Memang rasanya hambar dan sebal, beban tugas yg harus selesai dan tuntutan nilai yg tinggi.
Tragis memang, siswa Indonesia dituntut untk mengusai beratus-ratus mapel. Dan hampir semuanya sia-sia, kalau diibaratkan misal satu pohon ... kelapa aja,ya. Misal kita menunggu pohon kelapa bukan berbuah kelapa, melainkan mangga, rambutan, durian, dan brokoli. Hal itu tak akan pernah terjadi. Memang rasanya hambar dan sebal, beban tugas yg harus selesai dan tuntutan nilai yg tinggi.
Tapi ni bukan karena sahabat bodoh / apa ya. Ada beberapa faktor, mungkin karena suasana belajar yg tak sesuai. Ada yg belajar sambil mendengar musik, belajar di bawah pohon, , belajar sambil menggerakkan benda. Nah ternyata suasana dan metode sangat penting. Mungkin kalau dimisalkan otak kita adlh pentium 4, zaman dulu yg namanya pentium 4 memang canggih banget. Namun, seiring perkembangan zaman, pentium 4 mah dah jadul. Oleh karena itu otak kita harus semakin canggih yaitu intel. Yap, tak mungkin kita menambah kapsitas otak kita, yg kita bisa adlh mengupgrade ke cara-cara efektif nan lebih cerdas.
Apa itu dan Cara kerja otak kanan?
Otak kanan mempunyai kemampuan mengingat sangat tinggi dibanding otak kiri. Otak kiri berfungsi mengerjakan hal rasional, semisalnya menghitung dan teori, sedangkan otak kanan sangat enjoy. Sifatnya yg imajinatif, gudang kreatif, dan lebih ke arah tindakan. Berbeda dgn otak kiri yg banyak perhitungan. Itulah mengapa migrain sering banget di otak kiri, kebanyakan mikir sih. Pernah ingat peringatan kalau lagi dijalan, bila ingin membalap kendaraan lewat
- 1. Metode Bercerita
Sahabat pernah lihat film tangled, cinderella, putri salju? Saya yakin semuanya pd hafal dgn dongeng ini? Mengapa bisa kita mengingat film durasi satu jam ni dibanding catatan sekolah satu lembar? Hal itu karena manusia cenderung ingat sesuatu yg membuat hatinya senang, menyentuh dan lain sebagainya. Dan sekarang bagaimana Anda menceritakan kembali Film Tangled, tentu saja dgn mengingat kata kunci: Rambut Panjang Ajaib, Putri, Ibu tiri, Penjahat, Putri Cantik, Festival’ saya yakin kata kunci ni akan ditemukan oleh tiap orang yg pernah menonton film ini.
Contohnya :
Televisi Jendela
Kipas Angin Komputer
Kasur Kabel
Ranjang Buku
Lemari Pintu
Sekarang kita buat kata-kata diatas menjadi cerita yg bisa kita ingat. Pokoknya bisa diimajinasikan, hubungkan tiap kata dgn kata kerja.Setelah itu baca kembali. Kemudian tutup browsernya, dan coba tulis ulang kembali di buku.
Televisi terbang menggunakan kipas angin terbang ke kasur lalu terbang ke ranjang ketemu lemari di balik jendela sedang berbicara sama komputer bahwa kabelnya dicuri buku yang sembunyi dibalik pintu.
Bagaimana unik bukan. Buat cerita segokil mungkin, seunik mungkin, dan ambil kata kunci. Itu saja intinya.
2. Metode Singkatan
2. Metode Singkatan
Sebenarnya cara ni sudah pernah dipelajari di sekolah dasar untk menghafal. Penah ditanya apa saja warna pelangi? Yang terlintas di pikiran kalian pasti mejikuhibiniu. Yang berarti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Dahsyat! Hafal sampai sma, sayang metode ni jarang digunakan oleh kita.
Untuk latihan: Pernahkah sobat mendengar tabel periodik unsur kimia. Sebenarnya ada cara cepat menghafal tabel periodik kimia menggunakan metode singkatan ni :
Golongan IA (Alkali tanah)
unsur: H, L, N, Rb, Cs, Fr
Kalau disingkat jadi: Hai LiNa Kau Rbut CuStomer FRansiska
Kalau disingkat jadi: Hai LiNa Kau Rbut CuStomer FRansiska
Golongan 2A (Alkali Tanah)
unsur: Be, Ma, Ca, Sr, Ba, Ra
Kalau disingkat jadi: BEli MAngga CAsih SRibu BAlik Ratusan
Golongan 3A (Boron-Aluminium)
unsur: B, Al, G, In,Tl
Kalau disingkat jadi: Bu Ali Ga InT(e)Lek
Golongan 4A (Carbon)
unsur: C, Si, Ge, Sn, PB
Cewek Singapura genit snang Pe Be-an
Cewek si Gendut genit snang PakaiBedak
Golongan 5A (Nitrogen)
unsur: N, P, As, Sb, Bi
Nenek Peot ASal SuBang BIngung
Neng Pipit ASik SerBa BIsa
Golongan 6A (Khalkogen)
unsur : O,S,Se,Te,Po
Olga Saputra SEmpat TEmbak POlisi
Orang SEmarang SUka TEh POci
Golongan 7A (Halogen)
unsur: F, Cl, Br, I, A
Film Carles BRonson Idaman Ati
Feri Celana BaRunya Item Amat
Golongan 8A (Gas Mulia)
unsur: He, Ne, Ar, Kr, Xe, Rn
Heboh Negara Arab KaRena Xerangan RaNjau
Heboh Negara Argentina Krana Xeneng maRadoNa
Nah, bagaimana Mudah Bukan? Jangan Lupa dibayangkan!
3. Metode Angka, dan Alphabet
Eits! Tunggu dulu, saya kasih tantangan nih, coba kamu hafalin ini!
- Gelas f. Pulpen
- Kabel g. Kertas
- Galon h. Penggaris
- Piring i. Radio
- Kaca Mata j. Pisau
Hehe... mampu gak? Saya yakin tidak.
Kali ni Anda akan belajar menghafal sesuatu yg urut menggunakan sesuatu yg urut. Cluenya adlh angka 0 - 9 dan abjad A - Z. Caranya adlh mengubah Clue tersebut menjadi benda yg mudah diingat. Anda bisa jg menggunakan anggota tubuh sendiri, tapi ingat, harus urut! Dengan teknik ni kamu bakal mengerti
3.1 Metode Alfabet
Its Alfabet time!
A = Ayam I = Ikan Q =Qijang B = Buaya J = Jaguar R =Rusa
C = Cicak K = Kuda S =Sapi
D =Dinosaurus L = Laba-laba T =Tikus
E =Elang M = Monyet U = Ulat
F =Fox N = Nuri V =Vespa
G =Gajah O = Onta W =Walet
H =Harimau P = Penyu X =Xenia
Y =Yoyo
Z =Zebra
Anda bisa kreasikan abjad tersebut menjadi huruf yg Anda suka, pokoknya harus bisa Anda ingat.
Sekarang kembali ke soal awal bagaimana cara menghafal itu - itu tadi ya?
- Gelas f. Pulpen
- Kabel g. Kertas
- Galon h. Penggaris
- Piring i. Radio
- Kaca Mata j. Pisau
Sekarang coba di angan-angan di alam bawah sadarmu tulisan dibawah ini. Dengan begitu kamu bisa menghafal Quest yg diatas tadi
- Karena gelas berada di urutan pertama A (Ayam) maka bayangkan ada Ayam makan Gelas
- Karena Kabel berada di urutan B (Buaya) maka bayangkan Buaya nyangkut di kabel
- Selanjutnya galon terletak di urutan C (Cicak), maka bayangkan cicak sedang berenang di galon
- Selanjutnya Piring terletak di urutan D (Dinosaurus), maka bayangkan Dinosaurus sedang makan di Piring
- Karena Kacamata terletak di urutan E (Elang), maka bayangkan Elang Melihat mangsa dgn KacaMata.
- Karena Pulpen terletak di urutan F (Fox), maka bayangkan Fox sedang mencoret-coret dinding dgn Pulpen.
- Karena Kertas terletak di urutan G (Gajah), maka bayangkan Gajah sedang menulis di kertas dgn belalainya.
- Karena Penggaris terletak di urutan H (Harimau), maka bayangkan Harimau sedang mengukur ekornya dgn penggaris.
- Karena Radio terletak di urutan I (Ikan), maka bayangkan Ikan sedang mendengar lagu dari radio sambil menari.
- Karena Pisau terletak di urutan J (Jerapah), maka bayangkan Jerapah sedang memegang pisau.
3.2 Metode menggunakan Angka
Perlu sahabat ketahui bahwa didunia ni hanya terdapat angka 0-9 (angka dasar). Kemudian dgn teknik ni kita akan dilatih untk membuat ke 10 angka ni menjadi objek dan mengambil huruf konsonannya, misal; angka 0 diganti huruf B karna mirip Balon, Jangan O karena itu adlh huruf vokal. Hal ni karena kita dpt memudahkan kita untk menghafal.
Sandi Angka
Angka | Alokasi | Alasan | ||
---|---|---|---|---|
0 | B (Balon) | Karena bentuknya mirip balon yg mengembang | ||
1 | J (Jarum) | Angka 1 mirip huruf J bila dibalik | ||
2 | N (Novel) | Angka 2 mirip N bila diputar | ||
3 | M(Mie) | Angka 3 mirip M bila dibalik | ||
4 | K (Kursi) | Kursi kalau dibalik mirip angka 4 | ||
5 | S (Sepatu) | Angka 5 mirip S | ||
6 | P(Pensil) | Pensil mirip angka 6 bila dibalik | ||
7 | L (Lampu) | 7 mirip huruf L bila dibalik | ||
8 | R (Radio) | Sebenarnya B, tapi karena B sudah dipakai untk angka 0, maka diganti yg paling mendekati yaitu Huruf R | ||
9 | g (galon) | 9 memang mirip huruf g ya, walau kurang mrusut dikit |
Latihan:
Sekarang, Langsung to the point, saya kasih tahu tutorialnya
1888 Ban Angin Ditemukan oleh J.B. Dunlop
1837 Baling- Baling Ditemukan oleh John Erickson
1643 Barometer Ditemukan oleh E. Torricelli
Step pertama: Ubah tanggal menjadi huruf vokal.
1888 : Berdasarkan sandi angka, 18 _ 88 : JR _ RR
Step kedua jabarkan huruf vokal tersebut menjadi kata, JR menjadi JaRi, dan RR menjadi merek motor ninja RR.
Step ketiga; J.B. Dunlop kita tukar menjadi nama yg familiar di otak kita. Kalau menurut saya, Amplop.
kemudian, kita buat ceritanya menjadi semenarik mungkin.
Amplop merupakan pengganti dari Nama J.B. Dunlop, JaRi dan ninja RR merupakan asosiasi dari tanggal 18 88
Nah, seru bukan, kemudian mari kita kerjakan yg kedua:
18 37 : JR ML
Di jabarkan menjadi JaRi MiLo (nama merk susu).
John Erickson kita ganti menjadi Jojon
kemudian kita buat cerita:
Si Jojon memegang baling-baling dgn kelima JaRinya untk mengaduk Milo. Bagaimana, mudah bukan?
Sekarang, Langsung to the point, saya kasih tahu tutorialnya
1888 Ban Angin Ditemukan oleh J.B. Dunlop
1837 Baling- Baling Ditemukan oleh John Erickson
1643 Barometer Ditemukan oleh E. Torricelli
Step pertama: Ubah tanggal menjadi huruf vokal.
1888 : Berdasarkan sandi angka, 18 _ 88 : JR _ RR
Step kedua jabarkan huruf vokal tersebut menjadi kata, JR menjadi JaRi, dan RR menjadi merek motor ninja RR.
Step ketiga; J.B. Dunlop kita tukar menjadi nama yg familiar di otak kita. Kalau menurut saya, Amplop.
kemudian, kita buat ceritanya menjadi semenarik mungkin.
Amplop merupakan pengganti dari Nama J.B. Dunlop, JaRi dan ninja RR merupakan asosiasi dari tanggal 18 88
Nah, seru bukan, kemudian mari kita kerjakan yg kedua:
18 37 : JR ML
Di jabarkan menjadi JaRi MiLo (nama merk susu).
John Erickson kita ganti menjadi Jojon
kemudian kita buat cerita:
Si Jojon memegang baling-baling dgn kelima JaRinya untk mengaduk Milo. Bagaimana, mudah bukan?
Yang ketiga cobain sendiri ya.. Jangan lupa terus gunakan metode ini. Semakin sering praktek, maka hasilnya akan terasa, ingat, jangan lupa catat hasil praktekmu di buku, sehingga kamu sulit untk lupa. Karena 99% Praktek, Do it! Nah sekarang daya ingat dan konsentrasimu semakin berkembang.
Karena terlalu banyak penjelasan, saya mencoba merilis 3 Cara lainnya kapan-kapan saja. Kamu bisa stay update dgn banyak opsi; subscribe, fanspage, semua tersedia.
#UPDATE: Metode ke 4 Mind Mapping << Klik
Karena terlalu banyak penjelasan, saya mencoba merilis 3 Cara lainnya kapan-kapan saja. Kamu bisa stay update dgn banyak opsi; subscribe, fanspage, semua tersedia.
#UPDATE: Metode ke 4 Mind Mapping << Klik
source : http://viva.co.id, http://iwanttohappierever.blogspot.com, http://imgur.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar