Kamis, 22 Oktober 2015

[Gorengan] French Toast

French Toast
ohmlukas.blogspot.com - Bosan dgn pancake lagi dan pancake lagi untk sarapan? Mungkin anda bisa mencoba French toast yg kali ni saya tampilkan. Membuatnya sangat mudah, cepat dan rasanya yummy! Walau sarapan bukan lah hal yg kudu wajib saya lakukan, terkadang segelas kopi / coklat cukup untk mengisi perut saya hingga siang (yakin?), tapi membayangkan sekali-sekali pagi hari perut diisi dgn varian menu lainnya memang seru juga. Nah saat weekend kemarin sejak bangun tidur saya sudah memiliki segunung pekerjaan rumah yg menanti. Untuk membuat semuanya beres dan kelar dgn cepat maka saya memerlukan energi ekstra. Walau mie rebus dgn telur bisa menjadi alternatif mudah dan cepat tapi pagi itu saya ingin makanan yg manis gurih untk menemani segelas coklat panas andalan. Malas jika harus mengukur tepung dan pernik-pernik lainnya untk membuat pancake, saya pun teringat dgn segepok roti gandum utuh yg membeku di freezer. Hmm, hari ni saatnya si roti disulap menjadi makanan yg lezat! ^_^

French ToastFrench Toast
French toast / biasa dikenal dgn roti telur / gipsy bread, merupakan makanan yg terbuat dari lembaran roti yg dicelupkan di dlm kocokan telur dan kemudian digoreng di pan. Hidangan ni bisa dinikmati dgn rasa manis / asin. Ketika French toast disantap dlm kondisi manis, maka bahan-bahan seperti gula, susu / krim kental, vanilla, dan kayu manis bubuk umum ditambahkan ke roti sebelum roti digoreng. Jika disajikan dlm kondisi asin / gurih maka roti yg telah dicelupkan dgn telur lantas digoreng dgn tambahan garam dan disantap dgn saus / mayonnaise.

Referensi terkini mengenai French toast terdapat di dlm Apicus yg berisikan koleksi resep-resep Latin pd abad ke-4 / 5. Resep tersebut menyebutkan tentang mencelupkan roti dgn susu, bukan telur, dan tak memberikan nama khusus pd makanan tersebut hanya disebut sebagai 'aliter dulcia' yang artinya 'hanya hidangan manis lainnya'. Pada abad ke-14 sebuah resep dari Jerman menyebut hidangan ni dgn nama 'arme ritter' dari bahasa Jerman yg berarti 'poor knights' (ksatria miskin). Poor knights lantas jg menjadi nama French toast di negara Denmark, Swedia, Norwegia dan Finlandia. Pada abad ke-15 ada sebuah resep dari Inggris bernama 'pain perdu' (dari bahasa Prancis untk roti sisa), resep tersebut menyarankan untk menggunakan roti yg telah diinapkan, bukan roti fresh yg baru saja dibuat pd hari itu.

French Toast
Pembuatan French toast sendiri sangat mudah. Irisan roti cukup dicelupkan di dlm larutan yg merupakan campuran telur kocok, susu / krim kental untk kemudian digoreng dlm margarine / mentega hingga permukaannya menjadi kuning kecoklatan. Roti sisa kemarin merupakan pilihan yg tepat karena roti telah mengeras dan tak akan hancur berantakan ketika dicelupkan di dlm larutan telur dan susu. French toast lantas dihidangkan dgn siraman madu, sirup maple, olesan aneka selai, mentega, peanut butter, yogurt, taburan gula pasir, saus apel, saus tomat, keju, irisan tipis daging / smoked beef, buah kering, cincangan kacang, es krim dan banyak varian topping lainnya yg bisa anda sesuaikan dgn selera masing-masing.

Selain berbentuk lapisan individu seperti ini, French toast jg bisa disajikan seperti sandwich dgn aneka isi di dalamnya. Cukup dgn menangkupkan dua buah roti yg di dalamnya telah diisi dgn irisan pisang, stroberi / buah lainnya. Hong Kong style French toast dinobatkan di urutan ke 38 dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN Go tahun 2011. Terbuat dari setangkup roti yg dilekatkan menjadi satu (biasanya terbuat dari dua iris roti dan diisi dengan filling yg manis), dicelupkan di dlm larutan telur dan soy sauce untk kemudian di goreng dlm minyak panas yg banyak. Roti lantas disajikan dgn seiris mentega dan kucuran golden syrup / madu di atasnya. Saya sendiri untk next project French toast tertarik untk mengisi setangkup roti dengancorned beef yg telah ditumis dgn bawang putih dan irisan cabai. Hmm, sepertinya akan menjadi French toast yg berat untk sarapan. ^_^

Tertarik untk mencobanya? Berikut ni prosesnya ya.

French Toast
French Toast: Roti Panggang a la PerancisResep hasil modifikasi sendiri

Untuk 6 buah roti

Tertarik menu untk sarapan lainnya? Coba resep di di bawah ini:
Delicious Pancake
Pancake Labu Kuning dgn Krim Madu
Pancake Coklat Choco Chips dgn Saus Stroberi

Bahan: - 6 lembar roti tawar, jangan buang bagian tepinya(roti yg telah diinapkan lebih oke hasilnya dibandingkan roti fresh) - 2 butir telur
- 100 ml susu cair (saya menggunakan 2 sendok makan susu bubuk + air hingga 100 ml) - 1 sendok teh kayu manis bubuk - 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh vanila ekstrak (vanilla ekstrak ampuh untk menghilangkan bau amis telur)
- 1 sendok teh parutan kulit jeruk lemon
- margarine yg banyak untk menggoreng roti

Bahan pendamping:
- madu
- selai
- gula bubuk

Cara membuat:

French Toast
Siapkan mangkuk, masukkan telur, kocok dgn menggunakan pengocok balon hingga lepas. Tidak perlu hingga berbusa-busa. Tambahkan susu cair, kayu manis bubuk, gula pasir, dan vanila ekstrak. Aduk rata hingga gula larut.

Tuangkan larutan telur ke dlm wadah yg kira-kira pas untk mencelupkan roti, artinya roti bisa cukup terendam larutan secara sempurna semua permukaannya. Saya menggunakan loyang ukuran 20x20 cm.

French Toast
Siapkan penggorengan datar anti lengket, beri sekitar 1/2 sendok makan margarine. Panaskan hingga cair. Celupkan seiris roti di dlm kocokan telur dan susu hingga basah di satu sisi, tekan sebentar dgn spatula. Balikkan roti dan lakukan hal yg sama pd sisi lainnya.

Note: Jangan terlalu lama mencelupkan roti ke larutan hingga roti menjadi basah total dan lembek. Karena itu lakukan kegiatan mencelupkan dan menggoreng roti satu persatu.

Angkat roti dari larutan hingga roti menjadi agak tiris, letakkan roti di permukaan pan panas. Goreng dgn api sedang hingga permukaannya kuning kecoklatan. Balikkan dan goreng sisi sebelahnya lagi hingga matang. Angkat dan letakkan di piring saji.

Lakukan proses mencelupkan roti dan menggoreng hingga semua larutan telur + susu habis. Saya memerlukan 6 buah roti ukuran standard untk adonan telur+susu di atas. Besar kecilnya roti tentu saja jg berpengaruh pd banyaknya larutan yg anda perlukan.

Sajikan French toast dgn kucuran madu / olesan selai / hanya taburan gula pasir di atasnya. Santap selagi hangat. Yummy!

Sources:
Wikipedia - French toast

other source : http://justtryandtaste.com, http://tribunnews.com, http://wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

D.M.C.A Disclaimer of Lukas Blog - All contents published under GNU General Public License.
All images/photos/videos found in this site reserved by its respective owners. We does not upload or host any files.