Kamis, 22 Oktober 2015

[Tumisan] Ayam Kuluyuk a la Just Try & Taste

Ayam Kuluyuk a la Just Try & Taste
ohmlukas.blogspot.com - Saya masih ingat pertama kali menyantap masakan bernama ayam kuluyuk sekitar 13 tahun yg laludi sebuah restoran bernama Duta yg terletak di Ngawi. Kala itu saya masih seorang pengangguran yg baru saja menyelesaikan kuliah di Jogya. Sementara sambil menentukan masa depan yg terasa suram, saya pun nangkring di rumah orang tua di Paron selama beberapa waktu lamanya. Saya masih ingat saat itu betapa lugu dan 'culun'nya wajah saya yg dihiasi dgn puluhan jerawat di jidat dan pipi. Pakaian andalan saya adlh celana jeans yg kebesaran dua nomor dan T-Shirt lusuh. Plus rambut yg selalu diikat buntut kuda maka makin lengkaplah penderitaan saya menyandang status pengangguran baru.

Di suatu siang yg cerah tiba-tiba seorang teman masa kecil melintas di depan rumah dan begitu melihat saya yg sedang menyapu halaman langsung menghentikan mobilnya."Wah Ndang, lama tak bersua nih. Setiap kali lewat depan rumah mu selalu sunyi senyap. Hampir tak pikir kamu ini pembantu rumah yg baru lho, " sapanya sambil cengengesan tak jelas. Walau dlm hati sumpah serapah berhamburan tapi bibir saya tetap menampilkan senyum lebar a la Pepsodent. Entah karena terpesona dgn senyum saya / terpana dgn wajah berminyak saya yg memelas maka tiba-tiba si tengil ni pun menawarkan santap siang gratis bersama. Tawaran ni tentu saja tak saya lewatkan begitu saja, kapan lagi bisa memperbaiki gizi secara cuma-cuma bukan? ^_^

Ayam Kuluyuk a la Just Try & TasteAyam Kuluyuk a la Just Try & Taste
Bernostalgia masa lalu saat masih di Sekolah Dasar memang menyenangkan. Suka duka, cerita lucu dan aneka kenangan yg kala itu terasa pahit tapi ketika telah dewasa terasa menggelikan. Kami pun berulangkali tertawa terbahak mengenangnya. Perut yg lapar keroncongan dan restoran yg terasa mewah dan asing bagi seorang mantan mahasiswi yg selalu hidup pas-pasan membuat saya menyerahkan ke teman saya ni untk memilih menu. Rekomendasinya adlh ayam goreng berbalut tepung yg dimasak bersama paprika, nanas dan wortel dlm saus berbumbu yg terasa asam, asin dan manis. Namanya ayam kuluyuk. Terasa aneh di telinga tapi enggan jg jika dianggap kampungan maka saya pun mengangguk antusias dan mengacungkan jempol atas pilihannya. Ternyata rekomendasi teman saya ni tak salah, masakan ni mantap dan menjadi salah satu masakan favorit saya lainnya.

Ayam Kuluyuk a la Just Try & TasteAyam Kuluyuk a la Just Try & Taste
Tiga belas tahun telah lewat sejak saya menyantap ayam kuluyuk di restoran Duta, tapi kelezatan masakan tersebut tetap teringat dgn kuat dan selalu menjadi makanan yg ingin saya eksekusi di rumah. Jadi ketika saya diminta menampilkan 50 resep masakan di buku Home Cooking JTT maka menu ni menjadi salah satu resep yg saya sajikan. Proses pembuatannya sangat mudah dgn bahan dan bumbu yg jg mudah diperoleh. Sayur yg digunakan umumnya memiliki tekstur yg keras dan crunchy seperti paprika, wortel dan jagung muda. Dan supaya rasanya lebih segar biasanya ayam kuluyuk jg ditambahkan potongan buah nanas di dalamnya.

Tertarik untk mencoba membuatnya? Berikut resep dan prosesnya ya!

Ayam Kuluyuk a la Just Try & Taste
Ayam KuluyukResephasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dgn resep ayam lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
30 Menit Ayam Kung Pao - Not so authentic but definitely yummy!
Sayap Ayam Manis Pedas a la Korea - Yangnyeom Tongdak
Chicken Fajitas - Masakan Ayam a la Tex-Mex

Bahan & bumbu untk menggoreng ayam:
- 250 gram dada ayam, tanpa kulit, potong sebesar 2 x 2 cm. Bisa menggunakan fillet paha ayam
- 2 siung bawang putih, parut / tumbuk halus
- 2 sendok makan tepung maizena
- 1 sendok makan tepung sagu/tapioka
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok makan saus tiram
- minyak untk menggoreng ayam

Bahan lainnya:
- 1/2 buah paprika merah, potong kotak 2 x 2 cm
- 1/2 buah paprika hijau, potong kotak 2 x 2 cm
- 1/2 buah nanas, iris tipis ukuran 2 x 2 cm

Bumbu:
- 1 buah bawang bombay, belah dua dan rajang tipis
- 5 siung bawang putih, cincang halus
- 1 sendok makan saus tiram
- 3 sendok makan saus tomat
- 2 sendok makan saus sambal botolan
- 2 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok makan tepung maizena, encerkan dgn 3 sendok makan air
- 100 ml air
- 2 sendok makan minyak untk menumis

Cara membuat:

Ayam Kuluyuk a la Just Try & Taste
Siapkan ayam, masukkan ke dlm mangkuk. Tambahkan bawang putih parut, tepung maizena, tepung sagu, merica, garam dan saus tiram.

Aduk ayam menggunakan jemari tangan hingga semua bagiannya tertutup dgn tepung. Sedikit ditekan-tekan agar tepung melekat dgn baik. Sisihkan.

Ayam Kuluyuk a la Just Try & Taste
Siapkan wajan / penggorengan anti lengket, panaskan minyak agak banyak. Goreng ayam hingga ayam menjadi kuning kecoklatan dan kering. Angkat, tiriskan. Sisihkan.

Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bawang bombay hingga hingga harum, layu dan transparan. Masukkan bawang putih dan tumis hingga layu dan matang

Tambahkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, merica, garam dan gula. Aduk dan tumis selama 1 menit. Tambahkan larutan maizena dan air, aduk dan masak hingga saus mengental dan mendidih. Masukkan paprika dan nanas, aduk sebentar hingga sayuran agak layu. Jangan memasak sayuran hingga lunak, paprika seharusnya hanya dimasak setengah matang dan teksturnya masih terasa crunchy.

Ayam Kuluyuk a la Just Try & Taste
Masukkan ayam goreng, aduk sebentar saja hingga ayam terlumuri bumbu, cicipi rasanya. Sesuaikan garam dan gula. Angkat.

Ayam kuluyuk sebaiknya disantap selagi panas sehingga tekstur ayam masih garing dan renyah. Yummy!

other source : http://reddit.com, http://cnn.com, http://justtryandtaste.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

D.M.C.A Disclaimer of Lukas Blog - All contents published under GNU General Public License.
All images/photos/videos found in this site reserved by its respective owners. We does not upload or host any files.