Rabu, 21 Oktober 2015

[Intermezo] Tumis Tahu Tauge dengan Soy Sauce

Tumis Tahu Tauge dengan Soy Sauce
ohmlukas.blogspot.com - Tahu dan tauge, kenapa ya kedua makanan ni jika diduetkan rasanya alamak lezatnya? Contohnya kolaborasi mereka di tahu telur, lontong tahu, gado-gado, / ketoprak, semua lezat dan semuanya merupakan makanan yg saya gemari. Ketika perut saya melilit kelaparan di hari libur kemarin, kulkas pun dibuka dan yg tampak di hadapan saya adlh sewadah besar tauge yg saya rendam di dlm air dan tahu putih. Keduanya di tiap weekend selalu menjadi penghuni tetap kulkas di rumah dan menjadi komoditas yg paling saya buru jika belanja ke pasar di pagi hari. Hmm, bahasa yg berat dan ruwet. ^_^

Anyway, banyak cara untk membuat tahu dan tauge menjadi lauk yg sangat menyenangkan. Saya katakan menyenangkan karena lezat, sehat dan mudah dimasak. Salah sekiannya adlh dgn menumisnya sebentar dgn bumbu nan simple.Cing, cing sebentar di dapur dan sepiring makanan fantastis siap meramaikan makan siang anda. Sedap dimakan dgn nasi hangat ataudisantap begitu saja tanpa ditemani karbohidrat lainnyaseperti yg saya lakukan. Mantap!

Tumis Tahu Tauge dengan Soy SauceTumis Tahu Tauge dengan Soy Sauce
Tahukah anda bahwa sprout atau kecambah merupakan salah satu makanan super yg wajib anda tambahkan di dlm menu anda? Menurut Dr. Perricone, kecambah masuk ke dlm superfood karena kandungan gizinya yg sangat tinggi dan merupakan sumber yg baik untk protein dan vitamin. Di Indonesia kita mengenal kecambah dari kacang hijau dan kacang kedelai / biasa kita sebut dgn tauge, sebenarnya kecambah bisa berasal dari aneka kacang-kacangan (legumes), biji sayur-sayuran, biji-bijian (grains), buckwheat dan beans.Kecambah jg memiliki banyak variasi akan rasa dan tekstur, ada yg terasa pedas (misal kecambahradish/lobak dan bawang), ada yg agak keras seperti kecambah kacang hijau dan kacang kedelai (tauge), / kecambah yg sangat lembut teksturnya seperti alfalfa. Kecambah sedap digunakan untk aneka salad dan bahan pengisi sandwich.

Tumis Tahu Tauge dengan Soy SauceTumis Tahu Tauge dengan Soy Sauce
Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kita harus menyantap kecambah. Seiring dgn bertambahnya usia maka kemampuan tubuh kita untk memproduksi enzym semakin menurun. Kecambah merupakan sumber enzym dgn konsentrasi yg tinggi dan 'daya hidup'. Enzym sendiri akan hilang saat makanan dimasak / dlm kondisi yg tak sesegar saat baru saja dipetik dari kebun. Karena kandungan enzymnya yg sangat tinggi maka kecambah lebih mudah dicerna dibandingkan saat masih dlm bentuk biji / kacang. Semua nutrisi yg diperlukan di dlm tubuh kita sebenarnya berada di dlm biji/benih - dimana di dalamnya termasuk golongankernel (jagung), beans, legumes dan nuts. Karena kecambah disantap kala dlm kondisi masih segar dan tak bisa bertahan lama lebih dari beberapa hari / minggu di penyimpanan maka kita sebenarnya mendapatkan nutrisi yg paling optimal.

Kembali ke tumis kali ini, bumbunya sangat simple. Saya menggunakan kecap asin, kecap manis dan sedikit rice vinegar sebagai penyedapnya. Rice vinegar memberikan rasa sedikit asam yg unik dan pas bersanding dgn tahu dan tauge. Tidak ada rice vinegar? Skip saja dari resepdan ganti dgn 1 sendok makan air asam Jawa. Tips memasak tauge adlh jangan memasaknya terlalu lama dan berlebihan karena akan membuat enzym yg terkandung di dalamnya hilang. Selain itu, kecambah paling sedap jika masih terasa crunchy kala dikunyah. Masukkan saat detik-detik terakhir masakan akan matang, cukup aduk sebentar dan segera angkat, bahan lain yg masih panas akan membantu kecambah untk lebih layu dan matang. Ingin manfaat kecambah yg maksimal? Gunakan mentah dlm karedok, / masukkan ke dlm jus/smoothie sayur dan buah yg anda konsumsi tiap hari. Yummy dan sehat!

Berikut resepnya ya.

Tumis Tahu Tauge dengan Soy Sauce
Tumis Tahu Tauge dgn Soy SauceResep hasil modifikasi sendiri
Untuk 3 porsi

Berminat dgn resep tahu dan tauge lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Yuk Membuat Ketoprak!
Tahu Telur Saus Kacang dan Kecap
Urap - Sedapnya Salad a la Indonesia

Bahan:- 3 potong tahu ukuran 3 x 3 cm, potong memanjang- 1/2 buah paprika merah / 2 buah cabai merah besar, buang bijinya dan potong serong tipis - 2 - 3 genggam tauge kacang hijau
Bumbu:- 3 buah cabai rawit, rajang halus- 2 siung bawang merah, rajang tipis- 3 siung bawang putih, rajang tipis
- 2 buah cabai hijau besar, iris serong tipis
- 2 sendok makan soy sauce (kecap asin)- 3 sendok makan kecap manis- 1/2 sendok makan rice vinegar (optional) / 1 sendok makan air asam Jawa- 1/4 sendok teh garam
Cara membuat:

Tumis Tahu Tauge dengan Soy Sauce
Siapkan wajan, beri minyak agak banyak, goreng tahu hingga permukaannya menjadi kecoklatan dan agak kering. Angkat dan tiriskan.
Tumis Tahu Tauge dengan Soy Sauce
Tuangkan minyak bekas menggoreng tahu ke wadah lainnya, sisakan sekitar 1 sendok makan minyak di wajan. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabai rawit dgn api sedang hingga harum. Masukkan soy sauce, kecap manis, rice vinegar, garam. Aduk rata.
Tambahkan tahu, aduk tahu bersama bumbu hingga tercampur baik. Masukkan tauge, dan paprika merah, aduk rata dan masak hingga tauge agak layu. Segera matikan api. Cicipi rasanya dan sesuaikan garam jika kurang asin.
Note:
Jangan memasak tauge terlalu lama hingga kehilangan kerenyahannya. Segera angkat jika tauge terlihat mulai layu.
Jika anda menggunakan cabai merah dan bukan paprika maka tumis cabai bersama bawang merah dan bawang putih.

Tumis Tahu Tauge dengan Soy Sauce
Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Hidangkan dgn nasi hangat. Yummy!

Sources:
Oprah.com - Dr. Perricone's No. 9 Superfood: Sprouts

other source : http://kompas.com, http://justtryandtaste.com, http://log.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

D.M.C.A Disclaimer of Lukas Blog - All contents published under GNU General Public License.
All images/photos/videos found in this site reserved by its respective owners. We does not upload or host any files.